Monday, December 11, 2017

STOP!!! ini yang kamu lakukan tanpa sadar di Internet

Mungkin kita semua menyadari dengan adanya internet, kita bisa mendapatkan semua informasi dalam bentuk apapun itu, baik bacaan video maupun gambar. Internet sudah banyak membantu manusia dalam berbagai aspek kehidupannya.

Kita mungkin sudah tahu definisi dari internet, namun tidak sedikit juga dari yang sengaja maupun tidak sengaja menngunjungi blog ini belum mengetahui definisi dari internet itu sendiri. jadi saya akan memberikan sedikit pengertian tentang internet.

Apa itu Internet?

Pengertian internet (interconnection networking) sendiri adalah jaringan komunikasi global yang terbuka dan menghubungkan jutaan bahkan milyaran jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis, dengan menggunakan tipe komunikasi seperti telepon, satelit dan lain sebagainya. Awalnya internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969 melalui sebuah proyek yang disebut dengan ARPANET. Misi awal dari proyek ini awalnya hanya untuk keperluan militer saja, tetapi lambat laun terus berkembang dan bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Terciptanya internet telah membawa perubahan yang sangat berarti dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Selain itu, internet juga telah melahirkan dunia baru yang memiliki pola, corak sekaligus karakteristik yang berbeda dengan dunia nyata.

Dari Brebagai dampak positif yang kita dapatkan dari penggunaan internet, seperti menambah wawasan, mendapat informasi yang kita butuhkan. dan hal lainnya. terkadang tanpa sadar kita juga melakukan hal hal negatif dari penggunaan internet itu sendiri.

Dampak Negatif Internet

Kelebihan Informasi

Keberadaan Google sebagai mesin pencari nomor satu di dunia sangatlah fenomenal. Kita memanfaatkannya mulai dari mencari artikel hingga mencari berita terbaru selebriti favorit. saat kita membuka satu artikel ada artikel lainnya yang lebih menarik, kemudian kita baca, kemudian ada lagi lagi dan lagi yang menarik, sampai lupa terhadap artikel yang menjadi priorias pertama, kita juga lupa bahwa untuk mendapatkan sumber info yang akurat serta mendalam, kita harus bertanya langsung dengan narasumber atau membaca buku-buku karyanya, baik itu di perpustakaan atau toko buku.

Kecanduan Dunia Maya


Media sosial telah hampir sepenuhnya mengubah cara kita berkomunikasi dan dapat menjadi cara yang berguna untuk tetap terhubung antara satu sama lain yang terpisah ribuan kilometer jauhnya dari berbagai belahan dunia hanya dalam sepersekian detik. Tidak menutup kemungkinan jika kita tidak memiliki koneksi internet akan cepat sekali boring, tidak tahu apa yang harus di kerjakan, tidak hanya media sosial game online juga terkadang membuat kita lupa waktu.

Boros

Ketika telah kecanduan internet, entah itu hanya untuk melakukan stalking di sosial media, bermain game online, atau melakukan perjudian dan mengakses konten pornografi; akan membuat seseorang melakukan berbagai cara untuk melayani kebutuhannya tersebut. Termasuk menghabur-hamburkan uangnya, tenaganya, juga sumber daya lainnya seperti kuota dan listrik.

Kesimpulan

Setiap media memiliki dampak baik dan buruk yang selalu beriringan. Kitalah yang harus pandai menyaring. Berbagai usaha yang dilakukan pemerintah maupun pihak berkaitan untuk meminimalisasi dampak negatif internet tidak akan berguna tanpa kesadaran tiap individu pengguna internet.

Disqus Comments