Monday, December 11, 2017

GNS3 Software simulator jaringan Komputer secara nyata


GNS3 mungkin agak terdengar asing di telinga kalian, jika di sekolah kalian dalam pelajaran rancang bangun jaringan menghunakan cisco packet tracer. Karena memang jarang jarang yang menggunakan GNS3 ini menurut saya, jadi di sini admin akan menjelaskan tentang apa itu gns3 dan ke gunaannya.

Pertama kita akan membahas apa itu GNS3?

PENGERTIAN GNS3

GNS3 (Graphic Network Simulator) adalah software simulasi jaringan komputer berbasis GUI yang mirip dengan Cisco Packet Tracer. Namun pada GNS3 memungkinkan simulasi jaringan yang komplek, karena menggunakan operating system asli dari perangkat jaringan seperti cisco dan juniper. Sehingga kita berada kondisi lebih nyata dalam mengkonfigurasi router langsung daripada di Cisco Packet Tracer. GNS3 adalah alat pelengkap yang sangat baik untuk laboratorium nyata bagi network engineer, administrator dan orang-orang yang ingin belajar untuk sertifikasi seperti Cisco CCNA, CCNP, CCIP dan CCIE serta Juniper JNCIA, JNCIS dan JNCIE.


Jadi pada dasarnya GNS3 memang di buat untuk praktik simulasi jaringan yang bersifat realistis, dimana kita bisa secara real/nyata mengkonfigurasi router mikrotik/cisco ios/juniper, dan juga bisa di kombinasikan dengan software virtual os seperti VMware, VirtualBox, dll.

KENAPA MENGGUNAKAN GNS3

Kenapa saya menggunakan Software GNS3 untuk melakukan lab jaringan, karena ada berbagai keunggulan yang di miliki software satu ini, salah satunya ialah:

Pertama, GNS adalah program open source, program ini gratis dan dapat digunakan pada beberapa Operating System seperti Windows, Linux, dan MacOS X.dan routeros mikrotik dengan bantuan Virtualbox atau VMware.

Kedua, tampilan yang simple tidak berbelit-belit, dan bersifat GUI yang memudahkan kita untuk mengoperasikan software GNS3 ini.

Ketiga, Kita hanya perlu menghubungkan Kabel2 penghubung  tanpa perlu memilih adapter Ethernet (untuk topologi yang mudah),

Keempat, bisa membangun topologi yang sangat kompleks

Dan masih banyak lagi.

Demikian artikel ini nantikan artikel2 selanjutnya, Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi kita semua
Terima kasih
Untuk Software GNS3 bisa di download di sini atau dari website resminya GNS3

Disqus Comments